Search
Wednesday 23 September 2020
  • :
  • :

Tips Rajin Beramal

Tips Rajin Beramal

Tips Rajin Beramal

Khalid bin Ma’dan mengatakan, 

إِذَا فُتِحَ لِأَحَدِكُمْ بَابُ خَيْرٍ فَلْيُسْرِعْ إِلَيْهِ  فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَتَى يُغْلَقُ عَنْهُ

“Jika terbetik dalam dirimu keinginan dan semangat untuk melakukan suatu kebaikan hendaknya segera dilakukan karena dirimu tidak mengetahui kapan terhalang untuk melakukan kebaikan.” (Hilyah al-Auliya’ 5/211)

Terkadang tiba-tiba muncul dalam diri kita keinginan dan semangat untuk melakukan kebaikan semisal sholat Tahajjud, sholat Dhuha, rutin baca al-Qur’an, mengikuti suatu pengajian dll. 

Sikap tepat ketika muncul hal semisal ini adalah segera wujudkan keinginan tersebut dan jangan ditunda-tunda.

Dengan tips ini kita akan termasuk orang rajin dan memiliki banyak saham dalam amal kebaikan. 

Jika bisa dilakukan hari ini jangan tunda besok pagi. 

Jika bisa dilakukan pekan ini jangan ditunda sampai pekan depan. 

Jika bisa dilakukan bulan ini jangan ditunda sampai bulan depan dst. 

Jika ditunda-tunda biasanya malah amal kebaikan tersebut gagal dilakukan, ada saja faktor yang menghalangi kebaikan tersebut diwujudkan.

Banyak orang yang ingin bertaubat ternyata meninggal dunia dalam kondisi suul khotimah dikarenakan menunda-nunda taubat. 

Tidak sedikit orang yang sebenarnya ingin  sekali belajar ilmu agama namun ternyata tak kunjung belajar agama karena menunda-nunda. 

Inilah bukti nyata bahwa kata ‘nanti-nanti’ adalah salah satu tentara Iblis yang demikian nyata sukses menghalangi manusia dari jalan-jalan kebaikan.

Semoga Allah jadikan penulis dan semua pembaca tulisan ini tergolong orang-orang yang bersegera melakukan kebaikan dan menutup mata dalam kondisi bertaubat dan husnul khatimah. 

Penulis: Ustadz Aris Munandar, S.S., M.P.I.