Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

Al-Lughah Al-‘Arabiyah (Bahasa Arab)

Al-Lughah Al-‘Arabiyah (Bahasa Arab)

Al-lughah” (bahasa) adalah ‘lafal yang diungkapkan makhluk untuk menyampaikan keinginannya’. Bahasa memiliki ragam yang sangat banyak, ungkapan yang berbeda-beda, namun hakikat yang maknanya satu. Artinya, semua makna bahasa telah menyatu dalam setiap lini kehidupan manusia. (Al-Mu’jam Al-Wasith, kata: lagha). Al-lughah al-‘arabiyah: ungkapan yang digunakan oleh orang arab untuk menyampaikan maksud mereka.

Sebagaimana bahasa yang lainnya, bahasa Arab memiliki tata bahasa dan kosa kata tersendiri. Layaknya kelompok masayarakat yang memiliki suatu bahasa, biasanya mereka selalu merasa berkeinginan untuk melindungi bahasa tersebut. Ketika zaman semakin berjalan cepat dan hubungan antar-bangsa telah semakin intensif, muncullah infiltrasi adab dan kebudayaan, tidak ketinggalan pula dengan bahasa Arab. Para ahli bahasa Arab merasa khawatir akan hilangnya bahasa Arab, sehingga mereka membuat kumpulan tentang tata bahasa dan kosa kata. Kumpulan tata bahasa ini, selanjutnya diistilahkan dengan “ilmu bahasa”, sementara, kumpulan kosa kata sering disebut dengan istilah “kamus”.

Dengan ilmu bahasa Arab ini, seseorang bisa menilai kebenaran dan kekeliruan ketika sedang menggunakan bahasa tersebut. Ilmu bahasa Arab sendiri terdiri dari tiga belas cabang ilmu: ash-sharf, al-i’rab, ar-rasm, al-ma’ani, al-bayan, al-badi’, al-‘arudh, al-qawafi, qardh asy-syi’ri, al-insya’, al-khithabah, tarikh al-adab, dan matan al-lughah. (Jami’ Ad-Durus Al-‘Arabiyah, hlm. 2).

Artikel www.yufidia.com



Description: lughah artinya, lughotul arabiyah artinya, arti lughah, arti lughoh, lughah

Keywords: apa, itu, lughah, dari, segi, al, quran, berarti, ilmu, bahasa, arab, arti, lughotul, arabiyah



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *