Search
Saturday 23 September 2017
  • :
  • :

Perang Pemikiran Lewat Film Kartun Anak

Perang Pemikiran Lewat Film Kartun Anak

Perang Pemikiran Lewat Film Kartun Anak

Segala puji semata-mata ditujukan kepada Allah. Shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada orang yang tidak ada lagi Nabi sesudahnya. Amma ba’du:

Sebagaimana diketahui oleh para ulama kita bahwa umat Islam pada umumnya tengah menghadapi perang ideologi (ghazwul fikr) yang menyebabkan kegoncangan pada asas dan pndasi umat serta mengakibatkan transformasi budaya, khurafat (tahayul) dan dongeng-dongeng dari orang-orang di masa lampau dengan berbagai macam corak dan penertiannya, bahkan transformasi itu menyebabkan terkurasnya harta umat (menjadi semaca devisa bagi negara atau kelompok yang mentransfer budaya dan khurafat itu).

Anak-anak muslim memiliki andil yang besar dalam hal ini yaitu ikut terhanyut oleh arus besar dari gelombang kebudayaan yang datang dari luar, yang mereka dapatkan melalui film-film kartun. Perusahaan-perusahaan dagang ikut ambil bagian dalam menyempurnakan peredarannya dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asing untuk mempopulerkan tokoh-tokoh dalam film-film kartun tersebut dengan menjual barang dagangan kepada anak-anak berupa permainan, alat-alat perlengkapan, peralatan sekolah, plester dan barang-barang lainnya yang membuat anak-anak tertarik sehingga memaksa orang tua untuk mendengar rengekan anak-anak mereka agar membeli barang-barang tersebut tanpa memperhatikan dan memperdulikan dampaknya yang buruk terhadap diri sang anak, baik secara pribadi (kepribadian), budaya, maupun perhatian (kecenderungan) mereka di masa sekarang ini kepada bentuk-bentuk yang menyeramkan dan menakutkan.

Pokemon, sebuah film kartun yang mengisahkan tentang makhluk-makhluk ajaib, asing dan bersifat khayal yang memiliki kemampuan luar biasa, dapat bermutasi dan berubah-ubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Film ini kemudian diproduksi dan diperjual-belikan dalam bentuk barang-barang dagangan dan permainan dengan harga yang amat memberatkan, di mana dalam barang-barang tersebut terdapat gambar-gambar tokoh beserta lambangnya dan bentuk tokoh-tokoh kartun tersebut setelah bermutasi.

Sumber: Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, Darul Haq Cetakan IV



Description: pengertian film kartun menurut para ahli islam, film arab kartun perang, film kartun anak arab, perang pemikiran, perang pemikiran dalam islam

Keywords: film, ensiklopedia, islam