Search
Monday 20 November 2017
  • :
  • :

Bashrah

Bashrah

Bashrah

Bashrah, daerah di pantai Teluk Persia; terletak di sebelah selatan pertemuan Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Saat ini, kota Bashrah masuk di kawasan negara Irak. Kota ini dibangun di zaman Umar bin Khattab, tahun 14 H. Kota ini didesain oleh Utbah bin Ghazwan Al-Mazini, bangunannya dan tata letak kotanya. Beliau menjadikan Basrah sebagai markas untuk penaklukan kota Al-Ubulah, Maisan, Ahwaz, dan Persia.  Utbah bin Ghazwan Al-Mazini pernah berkhotbah dengan khtbah yang sangat terkenal, dan diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya.

Ada yang mengatakan bahwa di masa pemerintahan Uthbah bin Ghazwan, terdapat tujuh ribu masjid. Namun, banyak masjid yang tidak diaktifkan, sehingga kegiatan kaum muslimin banyak yang hanya dilakukan di Masjid Jami`. Di Bashrah juga terdapat sungai yang dikenal dengan nama “Sungai Al-Ubulah”, yang panjangnya 12 mil, dan ini merupakan jarak antara Bashrah dengan Ubulah. Di sebelah kanan dan kiri, terdapat kebun yang memanjang mengelilingi sungai tersebut.

Letak Geografis Bashrah

Secara geografis, kota Bashrah terletak sekitar 545 km ke arah selatan dari Baghdad.  Kota ini dekat dengan pesisir pantai Teluk Arab. (Ar-Raudh Al-Mi’thar, no. 105)

Rujukan:
Ar-Raudh Al-Mi’thar fi Khabar Al-Aqthar, Muhammad bin Abdul Mun’im Al-Himyari, Muassasah Nashir li Tsaqafah, Beirut, 1980 M.

Artikel www.Yufidia.com



Description: bashrah, penjelasan dan gambar masjid di basrah yang dibangun oleh utbah ibn ghazwan, dmnakah terletak bashrah itu, bashrah sebelum islam, ubulah

Keywords: ubulah, , irak, 13h, bashrah, terletak, dimana, al, artinya



One thought on “Bashrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *