Search
Monday 24 July 2017
  • :
  • :

Apa yang Dilakukan Ketika Melahirkan Anak Perempuan?

Apa yang Dilakukan Ketika Melahirkan Anak Perempuan?

Allah ta’ala berfirman, “Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-lakii kepada siapa yang Dia kehendaki atau Dia menganugerahkan anak laki-laki atau perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan Dia menjadikan mandul kepada siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Mahakuasa.” (QS. Asy-Syura: 49-50)


Dan anda tidak mengetahui siapa di antara anak anda yang baik, “Tentang orang tuamu dan anak-anakmu kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaat bagimu.” (QS. An-Nisaa: 11)
“Barangkali kamu membenci sesuatu padahal dia lebih baik bagimu dan mungkin kamu mencintai sesuatu padahal dia jelek bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 216)
Berapa banyak anak perempuan menjadi sebab kebahagiaan kedua orang tua dan saudara mereka di dunia dan akhirat dan berapa banyak anak laki-laki menjadi sebab kesedihan dan malapetaka orang tua. Na’udzubillah!

Anak Laki-Laki Lebih Baik dari Perempuan?

Maryam dan Fathimah binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah wanita. Maryam tergolong wanita shalih. Fathimah adalah pemimpin para pemudi di surga.
Apakah ada hubungan antara Fathimah atau Maryam dengan anak Nuh yang tidak mau beriman?

Tentu saja Fathimah jauh lebih baik dibanding anak lelaki Nuh. Fathimah salah satu pemimpin wanita di surga dan Maryam adalah wanita yang jujur.
Renungkan kisah anak muda yang ditakdirkan kafir dan dikhawatirkan akan menyebabkan kedua orang tuanya zalim dan kafir kalau dibiarkan hidup. “Adapun anak muda itu kedua orang tuanya orang beriman dan aku takut dia mendorong mereka zalim dan kafir.” (QS. Al-Kahfi: 80)

Wahai hamba Allah jadilah anda orang yang ridha dengan rezeki yang Allah berikan kepada anda baik berupa anak laki-laki maupun perempuan.

Sumber: Tarbiyatul Abna (terj), Syaikhh Musthofa al-Adawi, Media Hidayah

www.yufidia.com


Baca artikel lainnya tentang anak: